Minggu, 15 Mei 2011

Perangkat Keras Komputer

PERANGKAT KERAS KOMPUTER
A.MENGENAL PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Komputer adalah merupakan teknologi informasi yang sekarang ini sangat banyak digunakan masyarakat di berbagai bidang. Komputer berperan besar dalam proses pengelolahan, penyimpanan, dan penyajian informasi. Banyak definisi komputer yang diungkapkan oleh para ahli sesuai dengan kebutuhanya contohnya menurut buku Computer Annual, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu untuk melakukan beberapa tugas, diantaranya : menerima output, memproses input sesuai program yang diinginkan, menyimpan hasil pengelolahan data serta menyediakan output berupa informasi.
Namun pada prinsipnya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :
Suatu alat elektronik.
Dapat menerima input berupa data.
Dapat melakukan program dan hasil pengelolahan data.
Dapat member informasi secara otomatis.
Menggunakan program yang tersimpan didalam memori komputer melaksanakan suatu tugas tertentu.
Komputer sebagai produk teknologi memiliki keunggulan/keuntungan yaitu :
Mampu bekerja dengan cepat dan tepat.
Menghasilkan informasi data dari data yang lampau.
Mampu memproses data yang sangat besar menjadi informasi.
Mampu menyimpan data yang sangat banyak sampai dengan gigabyte.
Mampu melakukan importing dan eksporting data yang dirancang secara khusus.
Bekerja dalam Satu sistem.
Komputer terdiri dari perangkat keras (Handware) dan perangkat lunak (Software). Perangkat keras merupakan perangkat komputer yang secara fisisk dapat dilihat, sedangkan perangkat lunak adalah perangkat yang berupa program-program yang terdapat dalam sebuah komputer.
1. Berikut adalah perangkat keras yang terdapat dalam sebuah komputer:
Cassing
Cassing adalah suatu alat yang digunakan untuk melindungi komponen-komponen komputer dari gangguan luar. Contohnya dari air, debu maupun serangga.
Macam –macam casing:
Desktop
Tower

 CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan “otak”dari komputer. CPUmerupakan bagian terpenting dan paling mahal pada sebuah komputer, yang merupakan pembeda utama komputer satu dengan komputer yang lainnya.CPU juga sering disebut Microprocessor atau processor,merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer.Karena itu, kinerja sebuah komputer sangat tergantung pada kinerja dari CPU-nya.Kecepatan kinerja CPU diukur dengan satuan Hertz.(1 Giga Hertz= 1.000.000.000 Hertz)
Saat ini di Indonesia beredar dua macam CPU yaitu:
1.Pentium yang dikeluarkan oleh perusahaan Intel
2.AMD(Advanced Micro Devices)
CPU mempunyai dua bagian yang dibedakan berdasarkan fungsi operasionalnya:
◊(ALU)Arithmatical Logical Unit.
Berfungsi sebagai pusat pengolahan data.
Contoh: Perhitungan matemetika
◊(CU) Control Unit
Berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer.

Motherboard
Motherboard atau sering disebut dengan mainboard merupakan perangkat komputer
yang berfungsi sebagai tempat perangkat-perangkat lain, seperti preccessor,memori,VGA Card,Sound Card dan Lan Card.Selain dilengkapi slot-slot, motherboard juga dilengkapi jalur-jalur koneksi yang memungkinkan.perangkat-perangkat komputer berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Biasanya motherboard didesain untuk digunakan pada processor tertentu saja. Karena itu,motherboard yang didesain untuk processor Pentium tidak dapat digunakan untuk processor AMD, demikian juga sebaliknya.

 Memori
(MU) Memori Unit adalah bagian dari processor yang berfungsi untuk menyimpan semua perintah yang diterima processor.
Memori merupakan perangkat keras komputer yang berfunsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh prosesor.
Memori terbagi menjadi dua bagian, yaitu memori internal yang disebut RAM (Random Access Memory) dan memori eksternal yang disebut dengan ROM(Read Only Memory).
a) RAM adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan data dan perintah sementara dari keyboard pada saat sebuah program dijalankan dan akan hilang ketika komputer dimatikan.Satuan ukuran kemampuan sebuah memori menyimpan informasi disebut Byte.
Jenis-jenis RAM:
EDO (Extended Data Output)
RAM ini mempunyai kecepatan maksimal 16 megabyte.Biasanya dipakai pada komputer Pentium 1 ke bawah.
SD RAM (Syncromdrs Dynamic Access Memory)
RAM ini mempunyai kecepatan maksimal 512 megabyte.Biasanya dipakai pada komputer Pentium II dan III
RD RAM
RAM ini digunakan pertama kali pada Pentium IV
DDR(Double Data Rate)
RAM ini digunakan pada Pentium IV
b) ROM digunakan untuk menyimpan perintah pada data secara tetap.Walaupun komputer dimatikan data yang ada dalam ROM tidak hilang. Data yang ada dalam ROM telah direkam secara permanen oleh pabrik,untuk menyimpan program dan perintah-perintah yang akan sering digunakan komputer,misalnya program atau perintah untuk menghidupkan dan mematikan komputer.

Perangkat Penyimpanan(storage Device)
Komputer mempunyai berbagai media penyimpanan tetap dengan berbagai sifat,kelebihan dan kekurangannya antara lain adalah:
 Harddisk
Merupakan media penyimpan dengan kapasitas paling besar saat ini. Harddisk dapat menyimpan data sampai 400 giga byte.
 Disket
Disket digunakan untuk menyimpan data, tetapi hanya mampu menyimpan data sampai 1,4 MB. Kelebihannya disket dapat digunakan untuk menyimpan data dan memindahkan data dari satu komputer.
 Flash Drive
Kapasitas penyimpan flash drive antara lain : 128MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB. Flash drive relative cepat jika diibandingkan dengan disket.
 CD-ROM (Compaact Disc-Read Only Memory)
Dapat menyimpan data hingga 700 MB, namun askes membaca CD-ROM relative lambat.
 CD-RW (Compact Disc Rewteble)
Dilengkapi kemampuan untuk dibaca dan ditulis. Kita dapat menghapus data di CD-RW dan kemudian mengisinya dengan data yang lain.

 Perangkat Input
Adalah perangkat komputer yang digunakan untuk memasukkan perintah dan data yang akan diproses oleh program atau komputer. Antara lain sebagai berikut:
 Keyboard
Adalah seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media memasukkan angka, huruf, serta sebagai sarana memberikan perintah user melalui tombol-tombol yang ada.
 Scanner
Digunakan untuk memindai foto atau gambar yang sudah dicetak untuk dijadikan sebuah file gambar dan mempunyai cara kerja seperti halnya fotocopy. Hanya hasilnya berbeda, scanner dapat disimpan di memory komputer dan hasil pembacaannya akan dicetak di atas selembar kertas.
 Tauchpad, Pointing Stick, dan Trackball
Adalah perangkat input komputer yang mempunyai fungsi yang sama dengan mouse, digunakan sebagai mouse di komputer, laptop, atau notebook.

 Perangkat Output
Adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya yang berupa hasil dari pemrosesan yang dilakukan oleh komputer baik berupa tampilan dilayar, hasil cetakan, suara dll.
 Monitor
Merupakan alat keluaran yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer baik berupa teks, gambar maupun video. Informasi yang ditampilkan biasanya disebut softcopy yang artinya bersifat sementara dan hasil print-outnya disebut hardcopy. Ada dua jenis monitor yang banyak dipakai, yaitu monitor CRT (monitor tabung) yang biasanya dipakai oleh komputer PC, dan monitor LCD (Liquit Crystal Display) yang biasanya dipakai pada laptop atau notebook.
 Printer
Adalah seperangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas, dapat berupa dokumen atau gambar.
Speaker
Adalah perangkat keras untuk menghasilkan suara, yaitu berupa lagu atau music, selain speaker yang sudah sering dikenal adalagi, yaitu headset yang memungkinkan seseorang bisa mendengarkan suara dari komputer sementara orang lain tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar