Sabtu, 21 Mei 2011

Air Aromatik

AIR AROMATIK (AQUA AROMATICA)
Adalah larutan jenuh minyak atsiri atau zat-zat yang beraroma dalam air. Diantara air aromatika, ada yang mempunyai daya terapi yang lemah, tetapi digunakan untuk memberi aroma pada obat-obat atau sebagai pengawet. Air aromatika harus mempunyai baud an rasa yang menyerupai bahan asal, bebas bau empirematic atau bau lain,tidak berwarna dan tidak berlendir.
Cara membuatnya:
1. Iarutkan minyak atsiri sejumlah yang tertera dalam masing-masing monografi dalam 60 ml etanol 95%.
2. tambahkan air sedikit demi sedikit sampai volume 100 ml sambil dikocok kuat-kuat.
3. tambahkan 500 mg talc,kocok,diamkan,saring.
4. encerkan 1 bagian filtrate dengan 39 bagian air.

Etanol berguna untuk menambah kelarutan minyak atsiri dalam air. Talc berguna untuk membantu terdistribusinya minyak dalam air dan menyempurnakan pengendapan kotoran sehingga aqua aromatic yang dihasilkan jernih.
Selain cara melarutkan seperti yang tertera dalam Fl ll, buku lain juga mencantumkan aqua aromatic adalah hasil samping dari pembuatan olea volatilia secara penyulingan sesudah diambil minyak atsirinya.
Aqua aromatic yang diperoleh sebagai hasil samping pembuatan minyak atsiri secara destilasi dapat dicegah pembusukannya dengan cara mendidihkan dalam wadah tertutup rapat yang tidak terisi penuh di atas penangas air selama 1 jam.
Pemberian aqua aromatika: cairan jernih, atau agak keruh, baud an rasa tidak boleh menyimpang dari bau dan rasa minyak atsiri asal.
Syarat untuk resep: jika air aromatic keruh, kocok kuat-kuat sebelum digunakan.
Penyimpanan: dalam wadah tertutup rapat, terlindung dari cahaya, di tempat sejuk.
Khasiat: zat tambahan
Air aromatika yang tertera dalam FI II ada 3 yaitu:
1.Aqua Foeniculi, adalah larutan jenuh minyak adas dalam air.Aqua foeniculi dibuat dengan melarutkan 4 g oleum foeniculi dalam 60 ml talc, kocok,diamkan saring.Encerkan 1 bagian filtrate dalam 39 bagian air.Pemerian,penyimpanan sama seperti aqua aromatik.
Syarat untuk resep: seperti aqua aromatic dan sebelum digunakan harus disaring lebih dahulu.
2.Aqua Menthae Piperitae= air permen, adalah larutan jenuh minyak permen dalam air.
Cara pembuatan: lakukan pembuatan menurut cara yang tertera pada aqua aromatika dengan menggunakan 2 g minyak permen.
Pemerian, penyimpanan dan syarat untuk resep sama seperti aqua aromatic.
3.Aqua Rosae= air mawar, adalah larutan jenuh minyak mawar dalam air.Cara pembuatan: larutkan 1 g minyak mawar dalam 20 ml etanol, saring. Pada filtrate tambahkan air secukupnya hingga 5000 ml, saring. Pemerian, penyimpanan dan syarat untuk resep sama seperti aqua aromatika.
Khusus untuk aqua foeniculi jangan disimpan ditempat sejuk karena etanol akan menghablur, jadi disimpan pada suhu kamar, kalau keruh kocok dulu sebelum digunakan.Aqua foeniculi bila menghablur harus dipanaskan pada suhu 25°C dan kemudian dikocok kuat-kuat, sebelum digunakan harus disaring.

1 komentar: